Loading
Sistem PENILAIAN WEBOMETRIC ————————- Apa yang harus kita pahami dari Webometrics ? ————————-Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2004 Webometric semakin diakui sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemajuan sebuah universitas. ——————— Webometric secara periodik mengeluarkan menerbitkan peringkat setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli. Setiap universitas tentu saja akan dinilai dan diberi peringkat bukan hanya rangking berdasarkan negara dimana universitas itu berada tetapi juga diberi rangking secara keseluruhan / dunia. Jadi setiap universitas tentu bisa mendapatkan rangking yang tinggi tergantung bagaimana mereka menerapkan kebijakan pada penanganan websitenya. | Islam dan Sains-Edy

Sistem PENILAIAN WEBOMETRIC ————————- Apa yang harus kita pahami dari Webometrics ? ————————-Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2004 Webometric semakin diakui sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemajuan sebuah universitas. ——————— Webometric secara periodik mengeluarkan menerbitkan peringkat setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli. Setiap universitas tentu saja akan dinilai dan diberi peringkat bukan hanya rangking berdasarkan negara dimana universitas itu berada tetapi juga diberi rangking secara keseluruhan / dunia. Jadi setiap universitas tentu bisa mendapatkan rangking yang tinggi tergantung bagaimana mereka menerapkan kebijakan pada penanganan websitenya.

Sistem PENILAIAN WEBOMETRIC
————————-
Apa yang harus kita pahami dari Webometrics ?

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2004 Webometric semakin diakui sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemajuan sebuah universitas.

Webometric secara periodik mengeluarkan menerbitkan peringkat setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli. Setiap universitas tentu saja akan dinilai dan diberi peringkat bukan hanya rangking berdasarkan negara dimana universitas itu berada tetapi juga diberi rangking secara keseluruhan / dunia. Jadi setiap universitas tentu bisa mendapatkan rangking yang tinggi tergantung bagaimana mereka menerapkan kebijakan pada penanganan websitenya.

webo 1

Apa yang dinilai dalam Webometrics ?

Webometric selama ini menerapkan 4 standar dalam penilaiannya, yang kalau diperhatikan ke – 4 faktor penilaian tersebut menitik beratkan pada publikasi melalui media internet, disini tentu saja publikasi itu harus melalui website universitas tersebut, kualitas dan kuantitas publikasi tersebut juga sangat berpengaruh besar terhadap penilaain webometrics.

Sebelum Januari 2011 webometric menetapkan penilain berdasarkan 4 kategori, yaitu :

  • Size ( S )  : Jumlah halaman dari sebuah website / subdomain universitas yang terindeks oleh mesin pencari, GoogleBingYahoo dan Exalead
  • Visibility  ( V ) : Jumlah total keseluruhan tautan eksternal / unik dan terdeteksi / terindeks oleh mesin pencari Google, Bing Yahoo dan Exalead
  • Rich File ( R ) : Banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
  • Scholar (Sc) : paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar

Sedangkan untuk bulan Januari 2012 penilaian sedikit berubah walaupun pada intinya sama yaitu :

  • G – factor
  • Site Explorer
  • SCIMAGO
  • Scholar
  • Rich Files
  • Webpages

Untuk lebih lengkapnya tentang faktor-faktor penilaian bisa dilihat di http://www.webometrics.info/

Strategi Meningkatkan Webometrics UNIVERSITAS

Siapa dan harus berbuat apa ?

Webometrics adalah bagaikan kacamata lain untuk melihat sebuah universitas itu termasuk baik atau tidak ? Mengapa demikian ? karena seluruh faktor – faktor yang dinilai oleh webometric itu sebagian besar merupakan hasil dari kegiatan ilmiah di universitas tersebut, seperti : Jumlah karya ilmiah, jurnal yang terpublikasi dan diakui secara global, jumlah penemuan – penemuan dari mahasiswanya yang terpublikasi dan telah diakui, dsb.

Karena sebuah universitas bisa dikatakan baik jika memiliki rata-rata yang tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah, jurnal, penemuan, dsb, dan tentu saja hasil – hasil tersebut tentu harus bisa diketahui dan bermanfaat bagi orang banyak sebab percuma jika memiliki banyak hasil penemuan yang baik namun tidak bisa diketahui oleh publik sehingga tidak mendapatkan manfaat apa-apa. Salah satu cara publikasinya adalah tentu saja melalui media elektronik seperti website universitas.

webo 2

Untuk dapat peringkat yang baik di Webometrics tentu harus dilakukan oleh seluruh Civitas Universitas, dan setiap unsur dalam universitas tentu memiliki beberapa hal – hal yang paling tidak harus dilakukan.

Pimpinan Universitas

Pimpinan adalah orang pertama yang harus mendukung peningkatan webometrics ini dengan caraMengharuskan setiap Unit Kerja memiliki website dan menggunakan subdomain universitas seperti Fakultas, Jurusan, lembaga-lembaga, Prodi, Bagian, Subbagian, TU, Perpustakaan, UKM, BEM, Laboratorium, Kelompok – kelompok studi, serta Dosen dan Mahasiswa.

Memberikan dukungan serta memfasilitasi infrasturktur jaringan internet di wilayah kampus.

Unit IT Universitas

Tugas unit IT pada universitas yang berkaitan dengan meningkatkan peringkat webometrics diantaranya :

  • Service website dan jaringan
  • Sosialisasi Webometrics
  • Memberikan konsultasi tentang Webometrics kepada unit – unit kerja.
  • Maintenance : melakukan analisa website, jumlah pengunjung, statistik dll
  • Menerapkan SEO ( search engine optimization ) pada seluruh website serta subdomain
  • Membuat Standar Pengembangan Situs / subdomainwebo 3

Unit Kerja ( Fakultas, Biro, Tu, Perpustakaan dll )

  • Setiap unit kerja wajib memiliki subdomain sendiri.
  • Mengisi content website secara periodik
  • Memahami tentang SEO
  • Mempromosikan alamat website mereka.
  • Menggunakan website mereka sebagai media bagi seluruh kegiatan Unit Kerja, contoh pengumuman hasil UAS setiap mata kuliah hanya di update di subdomain Fakultas dan Jurusan masing – masing.

Dosen

Dosen memiliki peran yang amat penting dalam membantu meningkatkan webometrics, diantaranya :

  • Setiap dosen wajib memiliki blog dengan subdomain UNIVERSITAS
  • Dosen harus menggunakan Blog mereka sebagai salah satu media pengajaran yang utama.
  • Upload seluruh bahan ajar, diktat, handout, tugas, nilai dll kedalam Blog mereka.
  • Upload materi – materi pelatihan / kuliah
  • Upload artikel – artikel yang bersifat ilmiah kedalam Blog maupun Repository Universitas
  • Upload laporan hasil kegiatan – kegiatan.
  • Menulis di Jurnal Nasional maupun Internasional —– >> scholar.google.com
  • Menampilkan signature yang berisi alamat link / website universitas dalam setiap email maupun kegiatan di forum – forum tertentu.
  • Mempublikasikan URL/website blognya pada situs – situs jejaring sosial : Facebook, Twitter, myspace, plurk dll
  • Memahami tentang SEO
  • Melakukan Update secara rutin terhadap blognya.

Mahasiswa

  • Memiliki Blog dengan subdomain UNIVERSITAS.
  • Mengisi blog secara aktif dan rutin.
  • Membuat laporan / tugas dalam blog.
  • Menampilkan URL Blog pada situs – situs jejaring sosial.
  • Memahami tentang SEO.
  • Melakukan update Blog secara rutin.

Dengan dukungan dari seluruh Civitas Akademik yang ada di UNIVERSITAS maka bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik, karena kenaikan peringkat Webometrics butuh kerjasama dari seluruh elemen yang ada di UNIVERSITAS sebab jika dilihat dari faktor penilaian memang butuh kerjasama dari seluruh elemen.

Faktor penilaian yang berkaitan dengan Size dan Visibility memang merupakan tanggung jawab Unit Kerja yang terkait dengan website universitas, namun Rich Files dan Scholar merupakan tanggung jawab dari seluruh Unit yang ada serta Dosen dan Mahasiswa.

Upaya untuk mencapai rangking tidak dapat dilakukan secara parsial, namun membutuhkan kerja kolaborasi yang kuat, massif dan sistemik.

===========================
Seperti sobat sekalian ketahui, webometrics merupakan sebuah website yang dalam setahun dua kali (bulan Januari dan Juli) mengumumkan peringkat ke-populeran sebuah universitas dilihat dari berbagai aspek yang menjadi metode penilaian mereka. Dan memang saat ini webometrics berhasil menarik perhatian dan menjadi patokan dalam hal pemeringkatan universitas yang ada didunia, termasuk juga universitas yang berada di Indonesia. Saat ini juga hampir semua universitas berusaha mencapai rangking yang terbaik pada webometrics guna menaikkan gengsi atau prestise mereka.

Sebelum tahun 2012 penulis mengamati metode penilaian mereka dalam hal pemeringkatan seluruh universitas di dunia adalah sebagai berikut :

  • Visibility
    Banyaknya link dari sebuah universitas yang diindeks oleh search engine Yahoo!
  • Rich Files
    Banyaknya file (.doc, .pdf, .ps, .ppt) dari sebuah universitas yang di indeks oleh Google
  • Google Scholar
    Banyaknya jurnal atau artikel ilmiah yang indeks oelh google scholar
  • Ukuran (size)
    Banyaknya halaman dari domain dan subdomain sebuah universitas yang terindeks pada empat search engine, yaitu Google, Yahoo!, Exalead, dan Live search

Namun sejak Juli 2012 metode perhitungan yang dipakai berubah menjadi :

webo indi

———————————–
Dan metode perhitungan saat ini akan mengalami perubahan kembali dan akan dipakai untuk perhitungan peringkat universitas , informasi ini didapatkan penulis dari situs resmi webometrics. Metode penilaian yang baru menurut situs webometrics saat tulisan ini dibuat adalah sebagai berikut :

Visibility (50%)

  • IMPACT, dengan kata lain impact menurut penulis adalah jumlah backlink atau link yang didapat oleh sebuah universitas dari pihak ketiga, dan dalam perhitungan ini jenis backlink dibagi menjadi dua, yaitu backlink aktif saat ini yang diambil dari perhitungan oleh website Majesticseo dan backlink histori yang diambil dari website ahrefs.

Activity (50%)

  • PRESENCE, ini adalah banyaknya jumlah halaman website dan banyaknya file (rich file) yang ada pada sebuah domain ataupun subdomain dari suatu universitas yang terindeks oleh mesin pencari Google.
  • OPENNESS, jumlah jurnal, artikel ilmiah ataupun penelitian yang ada dan telah diterbitkan (diupload) ke dalam website pada domain ataupun subdomain sebuah universitas, dan syarat utamanya adalah file atau tulisan harus dalam bentuk pdf.

EXCELLENCE, jumlah penelitian ilmiah yang berlabel internasional dan terdaftar pada Scimago Group, dalam hal ini juga termasuk jurnal internasional yang telah terindeks atau terpublish pada Scopus.

webo understand

Itulah beberapa perkembangan perhitungan pemeringkatan oleh webometrics yang penulis ketahui, dan dari beberapa hal diatas penulis dapat menyimpulkan secara pribadi bahwa dalam hal menaikkan peringkat universitas pada webometrics dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memperkaya website dari domain dan subdomain dengan artikel atau berita yang dapat dikonsumsi oleh pembaca dan juga file-file yang dapat diunduh oleh public internet, dengan kata lain perbanyak konten dari semua website yang ada di universitas.
  2. Memperbanyak backlink ke arah universitas, hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya ikutkanlah link kearah website universitas ketika menulis sebuah artikel diluar domain universitas (pihak ketiga), teknis memperbanyak backlink dapat diabaca pada tulisan berikut: Menambahkan backlink pada website
  3. Perbanyak artikel ilmiah atau penelitian ke dalam website yang ada pada domain dan subdomain universitas dalam bentuk pdf, bukan bentuk file yang lain. PDF harus dipastikan untuk mendongkrak jumlah file yang terindeks pada google scholar dan perlu diingat tulisan yang di akui adalah tulisan unik bukan tulisan yang sudah di upload di luar universitas.
  4. Ketika melakukan penelitian dan menerbitkannya pada jurnal internasional jangan lupa untuk selalu memberikan nama universitas pada kolom affiliasi, hal ini agar jurnal internasional tersebut diakui sebagai jurnal universitas yang bersangkutan

webo backlink blue
Mungkin itulah empat hal yang dapat penulis simpulkan sebagai usaha untuk menaikkan peringkat universitas di webomterics, namun terlepas dari semua usaha yang disebutkan diatas hal yang paling mendasar dan dapat menjadikan usaha penaikkan peringkat berhasil adalah kerjasama dan kemauan serta keperdulian segenap sivitas akademika pada sebuah universitas untuk menggapai hasil yang diinginkan, dan tak kalah penting agar dalam membuat tulisan unik yang membuat orang tertarik untuk berkunjung, karena semakin banyak kunjungan apa lagi yang berasal dari mesin pencari akan semakin baik ranking suatu website atau blog.

Akhir kata penulis mengucapkan Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.
(sumber gambar : webometrics.info)

=================================
Parameter Pemeringkatan 4icu dan Webometrics

Pro kontra terhadap sebuah penilaian, apalagi yg mengarah kepada diri kita atau organisasi kita itu sudah biasa. Intepretasi terhadap sistem penilaian itu, menjadi bahan perbincangan, sebagai bentuk peralihan pembicaraan dari “seberapa prestasimu?”. Sudah umum penilaian itu bisa saja ‘sangat dibenci jika membahayakan bagi jabatan atau penilaian prestasi jabatannya.

Namun saya bersyukur, bahwa ada pula yang masih menerima fungsi dari pemeringkatan webometrics dan 4icu sebagai bentuk benchmarking untuk media online, walau secara langsung itu menukik kepada penilaian prestasi online dari beliau-beliau ini. Salut yg care ini.

Lalu apa sebenernya parameter dari pemeringkatan 4icu dan webometrics?

Beberapa kali paramater penilaian ini mengalami perubahan, termasuk untuk 4icu, banyak pergeseran posisi perguruan tinggi di 10 besarnya, karena 4icu merevisi parameternya, 4icu  fokus pada parameter tebarunya sebagai berikut

Untuk web ranking dari 4icu, yang menjadikan banyak perubahn posisi, indikator ini sangat kental dengan istilah teknis

  1. Page Rank
  2. Majestic SEO  Referring
  3. Majestic SEO Citation Flow
  4. Majestic SEO Trust Flow
  5. Alexa Rank

Sedang untuk Webometrics, ada 4 faktor sebagai berikut (mohon maaf ini ada perubahan dari website webometrics), sehingga mungkin tidak sama dengan media lain yg menyajikan parameter lama, ada 2 kelompok parameter.

Visibility (50%)

Impact,  adalah kualitas tautan eksternal dari web lain dengan data visibilitynya memanfaatkan sajian data dari  2  mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

Activity (50%)

Terdiri dari 3 Indikator

  1. Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2012) dan di Google Scholar (tahun 2007-2012)
  2. Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files.
  3. Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

======================
Menambahkan Backlink Untuk Blog Atau Website

Apa kabar kawan sekalian, pada kesempatan ini penulis akan coba menerangkan apa maksud dari backlink dan bagaimana menambahkan backlink untuk website atau blog kita, tujuannya adalah agar link dari website kita lebih dikenal dan mudah ditemukan di public internet, selain itu backlink juga menjadikan ranking website atau blog menjadi lebih baik, bahkan dalam hal perengkingan universitas di dunia oleh webometrics, backlink diberikan nilai sebesar 50% , luar biasa bukan, setengah metode penilaian yang dipakai adalah backlink.

Pengertian dari backlink menurut pendapat pribadi penulis adalah merupakan sebuah link balik yang didapatkan oleh website atau blog kita dari website atau blog orang lain (pihak ketiga), semakin banyak link dari sebuah halaman website berada di tempat orang lain akan semakin banyak backlink yang didapat, namun perlu diingat link yang didapatkan dari banyak domain milik pihak ketiga lebih baik dari pada satu domain dengan banyak link balik.

webo backlink

Oke kita langsung saja, untuk menambahkan backlink hal yang penulis lakukan antara lain :

Menambahkan link atau alamat website ke search engine

  1. Add url ke Google dan Bing
    2. Add url ke http://www.exalead.com/search/web/submit
    3. Add url ke http://www.gigablast.com/addurl
    4. Add url ke http://www.scrubtheweb.com/addurl.html

Kawan juga dapat menambahkannya pada search engine lain, caranya googling dengan key ‘free submit url’, kemudian klik link yang terdapat dari pencarian tersebut, ikuti langkah dilayar komputer.

Melakukan komentar pada website atau blog pihak ketiga:

  1. Isikan link atau alamat website kita pada kolom author.
    2. Jangan sekali-sekali menuliskan link hidup tanpa tujuan yang jelas didalam kolom komentar, karena hal tersebut akan dianggap mengganggu dan dicap sebagai spam oleh yang bersangkutan.

Melakukan Guest Posting di Website orang lain

Menuliskan artikel pada webartikel direktori dengan menyisipkan link atau alamat website pada kolom author, dapat juga disisipkan ditengah-tengah tulisan artikel, intinya yang penting bagaimana caranya agar link ke website universitas kita dapat disisipkan pada tulisan yang kita buat untuk mereka.

Menambahkan link website ke free direktori website :

  1. http://sitepromotiondirectory.com
    2. http://freeprwebdirectory.com
    3. http://www.dmoz.org
    4. http://www.somuch.com/submit-links
    5. http://technorati.com
    6. http://www.surfsafely.com/urladd.html

Menambahkan link website ke Social Bookmarking dan Social Media Sharing:

  1. https://twitter.com
    2. https://facebook.com
    3. https://stumbleupon.com
    4. https://delicious.com
    5. https://plus.google.com
    6. http://www.diigo.com
    7. http://www.newsvine.com

RSS Feed Submitted:

  1. http://www.feedcat.net
    2. http://www.feedage.com
    3. http://www.rss-network.com/submitrss.php
    4. http://www.feedagg.com/add_feed.php

Itulah mungkin beberapa cara yang penulis ketahui untuk menambahkan backlink ke dalam website atau blog yang kita punya, dan webiste submitter yang terdapat diatas hanyalah merupakan beberapa contoh, kawan bisa mencarinya sendiri melalui search engine kesukaan kawan, semakin banyak free submission website yang kawan temui, mudah-mudah hasilnya akan lebih baik.

berbagai sumber

Views All Time
Views All Time
902
Views Today
Views Today
1
About Edy Methek 211 Articles
sampaikanlah ... ayat-ayat Allah

4 Comments on Sistem PENILAIAN WEBOMETRIC ————————- Apa yang harus kita pahami dari Webometrics ? ————————-Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2004 Webometric semakin diakui sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemajuan sebuah universitas. ——————— Webometric secara periodik mengeluarkan menerbitkan peringkat setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli. Setiap universitas tentu saja akan dinilai dan diberi peringkat bukan hanya rangking berdasarkan negara dimana universitas itu berada tetapi juga diberi rangking secara keseluruhan / dunia. Jadi setiap universitas tentu bisa mendapatkan rangking yang tinggi tergantung bagaimana mereka menerapkan kebijakan pada penanganan websitenya.

  1. Dan metode perhitungan saat ini akan mengalami perubahan kembali dan akan dipakai untuk perhitungan peringkat universitas , informasi ini didapatkan penulis dari situs resmi webometrics. Metode penilaian yang baru menurut situs webometrics saat tulisan ini dibuat adalah sebagai berikut :

    Visibility (50%)

    IMPACT, dengan kata lain impact menurut penulis adalah jumlah backlink atau link yang didapat oleh sebuah universitas dari pihak ketiga, dan dalam perhitungan ini jenis backlink dibagi menjadi dua, yaitu backlink aktif saat ini yang diambil dari perhitungan oleh website Majesticseo dan backlink histori yang diambil dari website ahrefs.

    Activity (50%)

    PRESENCE, ini adalah banyaknya jumlah halaman website dan banyaknya file (rich file) yang ada pada sebuah domain ataupun subdomain dari suatu universitas yang terindeks oleh mesin pencari Google.
    OPENNESS, jumlah jurnal, artikel ilmiah ataupun penelitian yang ada dan telah diterbitkan (diupload) ke dalam website pada domain ataupun subdomain sebuah universitas, dan syarat utamanya adalah file atau tulisan harus dalam bentuk pdf.

    EXCELLENCE, jumlah penelitian ilmiah yang berlabel internasional dan terdaftar pada Scimago Group, dalam hal ini juga termasuk jurnal internasional yang telah terindeks atau terpublish pada Scopus.

  2. perkembangan perhitungan pemeringkatan oleh webometrics yang penulis ketahui, dan dari beberapa hal diatas penulis dapat menyimpulkan secara pribadi bahwa dalam hal menaikkan peringkat universitas pada webometrics dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:

    Memperkaya website dari domain dan subdomain dengan artikel atau berita yang dapat dikonsumsi oleh pembaca dan juga file-file yang dapat diunduh oleh public internet, dengan kata lain perbanyak konten dari semua website yang ada di universitas.
    Memperbanyak backlink ke arah universitas, hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya ikutkanlah link kearah website universitas ketika menulis sebuah artikel diluar domain universitas (pihak ketiga), teknis memperbanyak backlink dapat diabaca pada tulisan berikut: Menambahkan backlink pada website
    Perbanyak artikel ilmiah atau penelitian ke dalam website yang ada pada domain dan subdomain universitas dalam bentuk pdf, bukan bentuk file yang lain. PDF harus dipastikan untuk mendongkrak jumlah file yang terindeks pada google scholar dan perlu diingat tulisan yang di akui adalah tulisan unik bukan tulisan yang sudah di upload di luar universitas.
    Ketika melakukan penelitian dan menerbitkannya pada jurnal internasional jangan lupa untuk selalu memberikan nama universitas pada kolom affiliasi, hal ini agar jurnal internasional tersebut diakui sebagai jurnal universitas yang bersangkutan

  3. Beberapa kali paramater penilaian ini mengalami perubahan, termasuk untuk 4icu, banyak pergeseran posisi perguruan tinggi di 10 besarnya, karena 4icu merevisi parameternya, 4icu fokus pada parameter tebarunya sebagai berikut

    Untuk web ranking dari 4icu, yang menjadikan banyak perubahn posisi, indikator ini sangat kental dengan istilah teknis

    Page Rank
    Majestic SEO Referring
    Majestic SEO Citation Flow
    Majestic SEO Trust Flow
    Alexa Rank

  4. ================================
    Parameter Pemeringkatan 4icu dan Webometrics

    Pro kontra terhadap sebuah penilaian, apalagi yg mengarah kepada diri kita atau organisasi kita itu sudah biasa. Intepretasi terhadap sistem penilaian itu, menjadi bahan perbincangan, sebagai bentuk peralihan pembicaraan dari “seberapa prestasimu?”. Sudah umum penilaian itu bisa saja ‘sangat dibenci jika membahayakan bagi jabatan atau penilaian prestasi jabatannya.

    Namun saya bersyukur, bahwa ada pula yang masih menerima fungsi dari pemeringkatan webometrics dan 4icu sebagai bentuk benchmarking untuk media online, walau secara langsung itu menukik kepada penilaian prestasi online dari beliau-beliau ini. Salut yg care ini.

    Lalu apa sebenernya parameter dari pemeringkatan 4icu dan webometrics?

    Beberapa kali paramater penilaian ini mengalami perubahan, termasuk untuk 4icu, banyak pergeseran posisi perguruan tinggi di 10 besarnya, karena 4icu merevisi parameternya, 4icu fokus pada parameter tebarunya sebagai berikut

    Untuk web ranking dari 4icu, yang menjadikan banyak perubahn posisi, indikator ini sangat kental dengan istilah teknis

    Page Rank
    Majestic SEO Referring
    Majestic SEO Citation Flow
    Majestic SEO Trust Flow
    Alexa Rank

    Sedang untuk Webometrics, ada 4 faktor sebagai berikut (mohon maaf ini ada perubahan dari website webometrics), sehingga mungkin tidak sama dengan media lain yg menyajikan parameter lama, ada 2 kelompok parameter.

    Visibility (50%)

    Impact, adalah kualitas tautan eksternal dari web lain dengan data visibilitynya memanfaatkan sajian data dari 2 mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

    Activity (50%)

    Terdiri dari 3 Indikator

    Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2012) dan di Google Scholar (tahun 2007-2012)
    Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files.
    Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

    =====================

Leave a Reply